Sabtu, 30 April 2011

Perjalanan 250 Years Guiness

Arthur Guinness
arthur guinness 300x287 Perjalanan 250 Years Guinness
Pusat dari seluruh bisnis GUINNESS adalah Sir Arthur Guinness, pendiri perusahaan, anak dari pasangan Richard dan Elizabeth Guinness. Lahir di Celbridge, County Kildare, Irlandia tahun 1725.
Pada usia 27 tahun Arthur Guinness memperoleh warisan dari Ayah baptisnya, Pastur Arthur Price sebesar 100 poundsterling. Arthur Guinness mendirikan pabrik pembuatan bir dari uang warisan tersebut, di Leixlip, 17 kilometer dari Dublin.
Arthur kemudian menyewa pabrik dan mulai membuat bir di St. James’s Gate, Dublin, pada tahun 1759. Inilah awal dimulainya bisnis GUINNESS di seluruh dunia hingga kini memasuki tahun ke 250.
Arthur Guinness meninggal pada usia 78 tahun dan mewariskan kemampuan meracik bir kepada sang anak, Arthur Guinness II.
Proses Pembuatan Bir GUINNESS
Bahan utama pembuatan bir GUINNESS adalah barley dengan kadar malt tinggi yang dibakar, ekstra hops, ragi khusus dan air. GUINNESS sendiri mengakui bahwa bahan utama pembuatan bir, selain yang disebutkan di atas adalah: inspirasi dan proses penyempurnaan.
Ada sembilan langkah utama dalam pembuatan bir GUINNESS yaitu meliputi pemilihan bahan baku, penggilingan, penggerusan, pemisahan, pendidihan, fermentasi, penyempurnaan, proses pengemasan dan kemudian dapat dinikmati.
The Beer
Ada tiga jenis bir GUINNESS yaitu The Extra Stout [yang tidak dijual di Indonesia], The Foreign Extra Stout yang diramu dari ekstra hops dan roasted barley [jenis Extra Smooth dari The Foreign Extra Stout tidak dijual di Indonesia], dan yang terakhir adalah Draught Guinness [tidak dijual di Indonesia].
Iklan GUINNESS
GUINNESS membuat banyak iklan untuk memasarkan produk. Iklan pertama yang dipublikasikan adalah slogan “GUINNESS is Good For You”. Iklan GUINNES terbaru di Indonesia adalah “Tipping Point” versi Irlandia karya sutradara Nikolai Fuglsig, yang menceritakan kejadian berantai dari penyaluran energi kehidupan dari dalam kaleng GUINNES Draught. Masyarakat merayakan dengan melakukan ‘toast‘ sebelum meminum GUINNESS mereka.
Pabrik GUINNESS
Yang pertama didirikan di luar Irlandia adalah di Park Royal, London. Sedangkan pabrik pertama yang dibangun di luar Irlandia dan London adalah di Nigeria, tahun 1963. Selanjutnya, Malaysia adalah negara tempat dibangunnya pabrik GUINNESS tahun 1965 dan diresmikan langsung oleh PM Tengku Abdul Rahman 19 Maret 1966. Di Indonesia, GUINNESS mendirikan PT. Guinness Indonesia di bawah kepemimpinan Patrick Lawlor. Pabrik GUINNESS di Indonesia dibangun atas kesepakatan dengan PT. Multi Bintang Indonesia.
Pasar GUINNESS di Indonesia
Menurut John Galvin, Technical Advisor GUINNESS Indonesia, pasar bir hitam sudah 34% dikuasai oleh GUINNESS. Sebuah pencapaian yang baik, Indonesia adalah pasar terbesar GUINNESS di Asia Pasifik, dan masuk pasar ke-6 terbesar di dunia. Wow!
Lima negara penjualan bir GUINNESS tertinggi selain Indonesia adalah berturut-turut: Inggris, Irlandia, Nigeria, Amerika Serikat dan Kamerun.
Meskipun saat ini masyarakat Indonesia masih lebih memilih mengkonsumsi minumal beralkohol jenis bir putih seperti Vodka dan JackDaniels, penjualan GUINNESS di Indonesia semakin meningkat.
Master Brewer
Salah satu Master Brewer yang dimiliki oleh GUINNESS adalah Fergal Murray. Murray bergabung dengan GUINNESS tahun 1983 dan sepuluh tahun kemudian, 1993, lulus dari salah satu institut pembuatan bir di London dan bergelar sarjana pembuat bir [brewing degree].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar