Rabu, 02 Maret 2011

PRAMUKA




Kata Pramuka diartikan PRAJA MUDA KARANA, yaitu rakyat muda yang suka berkarya, Pramuka lahir pada tanggal 14 Agustus 1961. Lambang dari gerakan Pramuka adalah Tunas Kelapa, karena bagian dari seluruh pohon kelapa semua bermanfaat.Lambang gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap gerakan anggota gerakan Pramuka yang di cita-citakan oleh gerakan Pramuka. Lambang tersebut di ciptakan oleh  alm.Bapak Soenardjo Atmodipuro, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi departemen pertanian.

Bendera Gerakan Pramuka berbentuk Pesegi dan berukuran 3:2, berwarna dasar putih, di tengahnya terdapat lambang gerakan pramuka berwarna merah.Di bagian atas dan bawah bendera terdapat jalur merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera. Letaknya 1/10 dari lebar bendera dari sisi atas dan sisi bawah. Pada bagian tempat tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera, dengan ukuran lebar 1/8 dari panjang bendera dengan tulisan a. untuk nama Kwartir, b. untuk nama gugus depan dan nomer gugus depan.

 Kelompok Umur dan Tingkatan

Kelompok umur adalah sebuah tingkatan dalam kepramukaan yang ditentukan oleh umur anggotanya. Kelompok di bagi menjadi 4: 
-kelompok umur 7-10 tahun,di sebut pramuka siaga
-kelompok umur 10-15 tahun, di sebut pramuka penggalang
-kelompok umur 16-20 tahun, di sebut pramuka penegak
-kelompok  umur 21-25 tahun, di sebut pramuka pandega

Ada juga kelompok khusus, misalnya pramuka pembina adalah sebutan untuk orang dewasa yang mempin pramuka dan pramuka andalan yaitu, anggota pramuka yang mengambil bagian dari keanggotaan kwartir dalam pramuka.
- Tingkatan pramuka siaga: siaga mula, siaga bantu, siaga tata
- Tinglatan pramuka penggalang: penggalang Ramu, penggalang Rakit, penggalang Terap
-Tingkatan pramuka penegak: penegak Bantara, penegak laksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar