Jumat, 04 Maret 2011

Belajar Mengenali Diri

     Hakikat hidup memang tidak selalu mudah seperti apa yang kita inginkan,,, setiap masalah akan datang sebagaimana angin yang selalu datang tanpa kita undang dan kemudian tiba-tiba pergi tanpa kita suruh.. Begitu pula masalah pada hidup manusia akan selalu datang dan pergi tanpa kita duga.. Namun masalah-masalah yang menyapa kita akan melatih manusa untuk menjadi insan yang dewasa, bijaksana dan kritis terhadap apa yang ada dalingkungan sekitarnya,,, masalah itu juga akan memberi warna pada hidup manusia sehingga menambah makna yang mengandung pelajaran dalam hidup manusia.
    Setiap manusia akan selalu menemui masalah, tinggal bagaimana kita berusaha untuk mengatasi masalah itu.. Oleh karena itu alangkah bijak jika kita mengenali diri sendiri untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah hidup yang kita hadapi. Menilai diri sendiri kadang tidak mudah… Terkadang kita mengalami kekeliruan dalam mengenali diri sendiri,,
Ada beberapa langkah untuk menilai diri sendiri :
pertama, kenalilah apa kemauan kita. Karena dengan mengenali kemauan kita, maka kita sudah melangkah satu tahap untuk mengenali diri.
kedua, berusahalah memahami apa potensi yang kita miliki. kembangkanlah potensi itu untiuk membekali kita dalam menghadapi berbagai masalah dan gejala sosial yang ada disekitar kita,, dan
yang ketiga, manjakanlah diri kita dengan berbagai fasilitas yang menunjang kita untuk dapat mengembangkan potensi kita agar lebih matang.
Dan yang tidak kalah penting, belajarlah utuk mengenali berbagai karakter orang-orang yang ada disekeliling kita.. Mungkin kita memiliki karakter yang mirip denga orang disekitar kita. Walaupun tidak mutlak, karena pada dasarnya setiap individu bersifat unik yaitu berbeda dengan orang lain. Baik dari segi fisik maupun psikis.. Walaupun ada orang yang kembar identik, namun pasti ada perbedaaan-perbedaan dari segi sifat, tingkah laku, maupun karakter..
    Jika kita sudah bisa memahami berbagai karakter, menguasai potensi yang kita miliki, dan faham akan sifat dan karakter kita, maka kita akan lebih mudah untuk menempatkan diri kita dilingkungan masyarakat.. Sebagai contoh seseorang yang sudah mengenali dirinya sendiri bahwa dia memiliki watak yang mudah tersinggung dan tidak dapat mengontrol emosi, maka dia akan lebih condong kepada teman yang penyabar dan mempunyai sifat pamong. karena dia akan merasa nyaman dari pada berbaur dengan orang yang mempunyai karakter yang sama, yang pastinya akan selalu terjadi perselisihan karena sama-sama tidak dapat mengontrol emosinya,,,.
Mengenali diri juga berarti mengenali masalah ang mungkin muncul dalam kehidupan. Maka marilah kita belajar untuk mengenali diri sendiri…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar